Rabu, 15 September 2010

Cara Membuat Blog di Blogger

Apa itu Blog?
Blog singkatan dari "Web Log" adalah salah satu aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang kemudian disebut sebagai posting.

Dulu blog digunakan hanya sebagai diary. Namun setelah dunia blog mengalami banyak perkembangan, blog digunakan juga sebagai penyedia informasi-informasi penting yang kita butuhkan ataupun bisnis. misalnya saja kita akan membuat kolom tutorial, berita, bisnis, dll.

Secara umum, ketika kita akan membuat website kita perlu mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, PHP dan sebagainya. dengan blog semuanya menjadi mudah tanpa mengetahui dasar pemmrograman web semudah menghitung jari kita.

Salah satu penyedia blog gratis adalah Blogger. Sebenarnya banyak pesedia blog gratis misalnya wordpress, joomla, typepad, dll. Kelebihan blogger atau blogspot sebagai penyedia blog gratis adalah mudah dipahami khususnya untuk pemula, dapat mengubah dan mengedit template dengan mudah, dapat mengubah domain anda sendiri atau berbayar misalnya saja blog-anda.blogspot.com menjadi blog-anda.com, sedangkan hosting masih tetap gratis.
Blogspot pada nama url anda (Blog-anda.blogspot.com) merupakan nama domain bawaan anda selama domain masih gratis.

Apa yang diperlukan untuk membuat Blog?
Salah satu syarat penting dalam membuat blog adalah memiliki e-mail yang masih aktif. Buatlah e-mail dengan gmail karena Blogger adalah salah satu bagian dari Google. Apakah dengan e-mail lain bisa? BISA, misalnya dari yahoo maka nanti e-mail kita akan tersinkronisasi dengan gmail. Namun biar lebih mudah kita gunakan saja Gmail.

Cara membuat Blogger (Blogspot)
Masuk ke Blogger
Pilih Buat Blog









Masukan info akun anda











Buat nama blog anda dan url blog anda
Pada kolom url ketikan nama url sampai tersedia








Pilih template awal
Template dapat kita ganti setelah semuanya selesai











Blog sudah jadi





Mulai pengeposan sekarang dan Mulai Blogging untuk posting artikel pertama anda
Mengubahsuaikan tampilan blog anda untuk mengedit template. lihat disini